Peran Ayah dalam Pertumbuhan Anak

Posted by

Banyak yang mengatakan seorang ibu mempunyai ikatan batin yang kuat dengan anaknya. Saya pikir itu memang benar. Anak pernah bersemayam dalam rahim ibunya sebelum dilahirkan ke dunia. Dari situlah muncul ikatan batin di antara keduanya.

Lalu bagaimana dengan ayah sebagai ‘pihak eksternal’?

Para ayah tak perlu kuatir. Ayah juga berperan penting dalam pertumbuhan anak. Ikatan emosional antara ayah dan anak sangat besar pengaruhnya bagi kecerdasan emosional anak yang akan dibawanya hingga dewasa kelak. Untuk itu perlu dibangun INTERAKSI antara ayah dan anak yang sudah bisa dimulai sejak tahap yang paling dini, yaitu saat sang anak masih berada di alam arwah.

Bagaimana cara ayah menjalin dan mempererat ikatan emosional dengan anak di samping mengemban tugas sebagai kepala keluarga yang harus bekerja untuk mencari nafkah? Berikut ini ada tips-tips yang baik. Para ayah, pay attention please:

1. Persiapan prenatal
Calon ayah sudah bisa memulai perannya saat anak masih ada dalam kandungan ibunya. Merawat istri selama masa kehamilannya sudah memberikan aura dan ‘kesan baik’ bagi bayi yang ada di dalam kandungan. Mengelus-elus perut istri dan mengajak anak bicara adalah wujud ‘perkenalan’ yang baik dengan anak.

2. Aktif merawat bayi
Kini bayi sudah hadir di tengah kedua orang tuanya. Ayah jangan malas belajar mengganti popok, menceboki, memandikan, dan mengasuh bayinya. Jika itu dilakukan, diyakini akan terus terbawa hingga ke depan. Banyak ayah enggan melakukan hal ini. Jika terus begitu, jangan heran anak tidak begitu dekat dengan ayahnya nanti.

3. Bermain bersama
Ketika bayi mulai menapaki masa toddler, lewatkan waktu bersamanya dengan bermain, membaca buku, atau apapun aktivitas yang dapat menyenangkan bayi yang mulai merangkak, belajar bicara, atau belajar berjalan. Ciptakan permainan yang menimbulkan gairah bagi anak.

4. Terlibat dalam kehidupan sosial anak
Ketika anak memasuki usia sekolah, dia sedang memulai kehidupan sosial yang baru. usahakan terlibat dalam kehidupan sosial anak anda dengan mengenali nama teman-temannya atau gurunya –misalnya-, dengan siapa dia bergaul, dan aktivitas apa saja yang dilakukannya.

5. Jadilah pendengar yang baik
Sesibuk apapun kita, luangkanlah waktu utuk mendengarkan cerita sang anak. Biarkan dia berceloteh tentang apa saja. Tunjukkan atensi dan berikan respon konstruktif. Ini penting untuk melatih keterbukaan anak kepada kita. Dengan begitu, anak merasa mempunyai tempat yang sempurna untuk bercerita dan curhat. Dengan menjadi pendengar yang baik, di samping keterbukaan, anda akan menjadikan anak anda terbiasa mengekspresikan dan cakap dalam mengungkapkan sesuatu.

6. Komunikasi yang baik
Terus lakukan komunikasi meskipun anda sedang tidak ada di samping anak. Seperti saat di kantor, misalnya. Sempatkan menelepon ke rumah dan mengobrol sebentar dengannya. Dengan komunikasi yang baik, anak selalu merasa dekat dengan ayahnya sekalipun sedang tidak bersama. Anak juga akan memahami kalau ayahnya sedang tidak bersamanya karena sedang bekerja mencari uang.

7. Percayai anak anda dan berikan kebebasan
Jadilah seorang ayah yang memberikan kebebasan dan dapat memercayai anak anda. Kepercayaan anda akan membuatnya tumbuh menjadi anak yang percaya diri dan mandiri. Jangan mendikte dia untuk melakukan hal sesuai keinginan anda. Sebaliknya, berikan pilihan untuknya.

8. Perlakukan anak sesuai perkembangannya
Semakin bertambah usia, semakin bertambah pula kebutuhan anak. Jangan anda memaksakan dan menganggap anak masih kecil sehingga tetap memperlakukannya seperti bayi.

Bagi para ayah, silakan dipraktikkan. Sedangkan bagi calon ayah dan yang setidaknya sudah membayangkan suatu saat nanti jadi ayah, boleh dong disimpan untuk jadi referensi 🙂 Semoga bermanfaat.

3 comments

  1. Hi! I know this is somewhat off topic but I was wondering which blog platform are you using for this site? I’m getting fed up of WordPress because I’ve had issues with hackers and I’m looking at options for another platform. I would be great if you could point me in the direction of a good platform.

  2. Hey, I’m truly delighted I came across your blog page, I really encountered you by accident, while I was looking on Bing for zapya for pc. Nonetheless I am here now and would simply like to say kudos for a great posting and the all around thrilling website (I too love the theme/design), I do not have enough time to read it entirely at the moment though I have saved it and even added in your RSS feed, so once I have enough time I will be back to look over more. Make sure you do keep up the excellent job.

Leave a Reply

Your email address will not be published.